Beranda | Artikel
Berpahalakah Membaca al-Quran di HP? - Syaikh Saad al-Khotslan #NasehatUlama
Minggu, 2 Oktober 2022

Apa hukum membaca al-Quran dari ponsel (HP)? Apakah pahalanya sama dengan membaca dari mushaf?

Dan bagaimana kita harus menanggapi orang yang marah terhadap orang yang membaca al-Quran dari ponsel?

Pertama-tama, berkenaan dengan mushaf yang ditulis pada masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Apakah mushaf yang ditulis pada masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sama dengan mushaf yang dicetak saat ini?

Apakah dahulu ditulis di atas kertas di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Bagaimana mushaf dahulu?

Dahulu ditulis di atas papan kayu, di atas pelepah kurma, dan lain sebagainya.
Kemudian ada kemajuan di masa Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu,
sehingga mushaf seluruhnya ditulis di atas papan dengan cara yang lebih baik.
Kemudian ada kemajuan lagi, sehingga mushaf diberi harakat.

Lalu ada kemajuan lagi pada teknologi, sehingga mushaf ditulis di atas kertas dan dicetak.
Lalu ada kemajuan lagi di zaman kita sekarang, sehingga mushaf cetakan itu di-scan ke dalam ponsel (HP).

Yang dinilai adalah bacaan orang yang membaca,
dan yang dinilai bukan ia membaca al-Quran dari mushaf yang ditulis di papan,
atau mushaf yang ditulis di kertas, atau mushaf yang ditulis di ponsel.

Hukumnya tidak berbeda, tidak berbeda pula pahalanya.
Pahalanya sama saja, yang penting adalah bacaan al-Quranmu.

Kamu membaca dari hafalan tanpa melihat mushaf, membacanya dari mushaf yang ditulis di papan,
kamu membacanya dari mushaf yang dicetak, atau kamu membacanya dari mushaf yang ada di ponsel.

Pahalanya sama saja, tidak ada bedanya.
Adapun ada sebagian orang yang mengingkari orang yang membaca al-Quran dari ponsel, maka ini karena ketidaktahuannya.

Dan memang sebagian orang terbiasa dengan suatu hal, ia akan mengingkari hal yang selainnya.

Bahkan saya katakan, bahwa adanya mushaf di dalam ponsel adalah salah satu nikmat dari Allah bagi kita di zaman ini,
karena kamu dapat membawa mushaf kapan saja, kamu dapat membuka mushaf di mana pun dan membacanya.

Ini adalah kenikmatan dari Allah ‘Azza wa Jalla.
Maka hendaklah setiap orang memilih mana saja yang lebih sesuai dan lebih nyaman baginya.

Sebagian orang lebih nyaman untuk membaca al-Quran dari mushaf yang tercetak di kertas. Namun, sebagian orang lainnya…
lebih nyaman untuk membaca dari mushaf yang ada di ponsel.

Yang itu tidak mengapa, dan yang ini juga tidak mengapa. Dan pahalanya sama saja.
Adapun yang meyakini bahwa membaca mushaf yang ada di ponsel lebih sedikit pahalanya daripada membaca dari mushaf…
yang dicetak di kertas, maka ini tidak benar.

Pahalanya sama, tidak ada bedanya.
Maka aku katakan, orang yang mengingkari itu lebih layak diingkari.
Orang yang mengingkari membaca al-Quran dari ponsel itulah yang lebih layak diingkari.

Adapun orang yang membaca al-Quran dari ponsel itu sudah benar.
Dan setiap orang dapat memilih mana yang lebih sesuai dan lebih nyaman bagi dirinya.

====

مَا حُكْمُ قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ فِي جِهَازِ الْجَوَّالِ؟ وَهَلِ الْأَجْرُ كَقِرَاءَتِهِ فِي الْمُصْحَفِ؟

وَبِمَاذَا نَرُدُّ عَلَى مَنْ يَغْضَبُ عَلَى مَنْ يَقْرَأُ فِي جِهَازِ الْجَوَّالِ؟

أَوَّلًا الْمُصْحَفُ الَّذِي كُتِبَ فِي عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

هَلِ الْمُصْحَفُ الْمَكْتُوبُ فِي عَهْدِ النَّبِيِّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ هُوَ الْمُصْحَفُ الْمَطْبُوعُ الْآنَ؟

هَلْ كَانَ مَطْبُوعًا عَلَى وَرَقٍ فِي عَهْدِ النَّبِيِّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ؟

طَيِّبٌ مَاذَا كَانَ؟

كَانَ مَكْتُوبًا عَلَى أَلْوَاحٍ وَعَلَى كُرَبِ النَّخْلِ وَنَحْوِهَا

ثُمّ تَطَوَّرَ الْأَمْرُ فِي عَهْدِ عُثْمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ

وَأَصْبَحَ يُكْتَبُ كُلُّهُ عَلَى أَلْوَاحٍ بِطَرِيقِةٍ أَفْضَلَ

ثُمّ تَطَوَّرَ الْأَمْرُ فَنُقِّطَ الْمُصْحَفُ

ثُمَّ تَطَوَّرَتِ الصَّنْعَةُ فَأَصْبَحَ يُكْتَبُ عَلَى الْوَرَقِ وَيُطْبَعُ

ثُمّ تَطَوَّرَ الْأَمْرُ فِي وَقْتِنَا الْحَاضِرِ فَأَصْبَحَ هَذَا الْمُصْحَفُ الْمَطْبُوْعُ يُصَوَّرُ فِي الْجَوَّالِ

الْعِبْرَةُ بِقِرَاءَةِ الْقَارِئِ

وَلَيْسَ الْعِبْرَةُ بِكَوْنِهِ يَقْرَأُ الْمُصْحَفَ مِنْ عَلَى لَوْحٍ

أَوْ عَلَى مُصْحَفٍ وَرَقِيٍّ أَوْ عَلَى مُصْحَفِ الْجَوَّالِ

لَا يَخْتَلِفُ الْحُكْمُ وَلَا يَخْتَلِفُ الْأَجْرُ

الْأَجْرُ هُوَ نَفْسُ الْأَجْرِ الْمُهِمُّ قِرَاءَتُكَ لِلْقُرْآنِ

قَرَأْتَهُ عَنْ حِفْظٍ عَنْ ظَهْرِ قَلْبٍ قَرَأْتَهُ مِنْ لَوْحٍ

قَرَأْتَهُ مِنْ مُصْحَفٍ فِي وَرَقٍ مَطْبُوعٍ قَرَأْتَهُ مِنْ جَوَّالٍ

الْأَجْرُ وَاحِدٌ لَا يَخْتَلِفُ

وَأَمَّا كَوْنُ بَعْضِ النَّاسِ يُنْكِرُ عَلَى مَنْ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ فِي الْجَوَّالِ فَهَذَا لِجَهْلِهِ

وَالنَّاسُ يَعْنِي بَعْضُ النَّاسِ إِذَا أَلِفَ شَيْئًا أَنْكَرَ مَا سِوَاهُ

بَلْ إِنَّنِي أَقُولُ إِنَّ وُجُودَ الْمُصْحَفِ فِي الْجَوَّالِ هُوَ مِنْ نِعَمِ اللهِ عَلَيْنَا فِي هَذَا الزَّمَانِ

لِأَنَّ الْمُصْحَفَ مَعَكَ فِي كُلِّ وَقْتٍ تَسْتَطِيعُ أَنْ تَفْتَحَ الْمُصْحَفَ فِي أَيِّ مَكَانٍ وَتَقْرَأُ

هَذِهِ نِعْمَةٌ مِنَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

فَيَخْتَارُ الْإِنْسَانُ مَا هُوَ الْأَنْسَبُ لَهُ وَمَا هُوَ الْأَرْيَحُ لَهُ

بَعْضُ النَّاسِ يَكُونُ يَعْنِي يَرْتَاحُ لِلْقِرَاءَةِ مِنَ الْمُصْحَفِ الْمَطْبُوعِ الْوَرَقِيِّ بَعْضُ النَّاسِ

يَرْتَاحُ الْقِرَاءَةَ مِنَ الْمُصْحَفِ الْمَوْجُودِ فِي الْجَوَّالِ

لَا حَرَجَ فِي هَذَا وَلَا حَرَجَ فِي هَذَا وَالْأَجْرُ وَاحِدٌ

أَمَّا مَنْ يَعْتَقِدُ أَنَّ الْقِرَاءَةَ مِنَ الْمُصْحَفِ فِي الْجَوَّاِل أَقَلُّ مِنَ الْقِرَاءَةِ فِي الْمُصْحَفِ

الْمَطْبُوعِ عَلَى الْوَرَقِ فَهَذَا غَيْرُ صَحِيحٍ

الْأَجْرُ وَاحِدٌ لَا يَخْتَلِفُ

فَأَقُولُ يُنْكَرُ عَلَى الْمُنْكِرِ

الْمُنْكِرِ الَّذِي يُنْكِرُ الْقِرَاءَةَ مِنَ الْجَوَّالِ هَذَا هُوَ الَّذِي يَنْبَغِي الْإِنْكَارُ عَلَيْهِ

أَمَّا الَّذِي يَقْرَأُ مِنَ الْجَوَّالِ فَهُوَ عَلَى صَوَابٍ

وَيَخْتَارُ الْإِنْسَانُ مَا هُوَ الْأَنْسَبُ لَهُ وَالْأَكْثَرُ رَاحَةً لَهُ


Artikel asli: https://nasehat.net/berpahalakah-membaca-al-quran-di-hp-syaikh-saad-al-khotslan-nasehatulama/